Dimana citarasa ekslusive berpadu dengan kemudahan dan fleksibilitas
Call us 45854171 45854176 BB:29E469BF
Blog, Tips

Tema Pernikahan

Tema Pernikahan: Pilih Yang Tepat Agar Berkesan

Pernikahan dengan segala detail yang harus dipersiapkan, terkadang membuat hati calon pengantin seperti tercampur aduk. Diantara rasa senang karena apa yang diimpikan segera tiba, bingung ketika memilih tema, bingung ketika harus menentukan ini dan itu sesuai dana hingga menghadapi konflik-konflik yang mengiringi setiap persiapan. Kali ini, kami ingin memberikan solusi agar calon pengantin dapat memilih tema pernikahan yang dapat dikembangkan sendiri sesuai dengan imajinasi dan kemampuan.

Beberapa jenis tema pernikahan

Tema budaya: Untuk pernikahan di negara-negara yang berkebudayaan cukup kental, pernikahan tradisional menjadi pilihan paling utama. Selain penuh dengan makna dan symbol, pernikahan tradisional seperti mengukuhkan kesakralan sebuah prosesi pernikahan sehingga masing-masing pihak nantinya dapat menghormati pasangannya agar pernikahan dapat langgeng. Bukan berdasarkan budaya asal kedua mempelai, tapi budaya lain yang menurut kedua pengantin memiliki arti dalam perjalanan cinta mereka juga dapat dipilih sebagai tema pernikahan. Landmark negara-negara tertentu juga dapat menghiasi dekorasi pelaminan atau ruangan.

Tema musim: meskipun Indonesia hanya memiliki dua jenis musim, namun isnpirasi untuk menggunakan salah satu dari jenis musim, seperti musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi dapat dihadirkan dengan latar belakang cerita yang beragam. Anda bertemu dengan pasangan ketika berlibur di suasana musim dingin, menggunakan tema musim ini akan sesuai dengan latar belakang perjalanan cinta Anda.

Tema warna: tidak mau pusing memikirkan konsep secara spesifik, tema warna yang disukai kedua mempelai atau salah satu dari mereka dapat dijadikan tema pernikahan. Variasi warna tentu saja digunakan di dalam tema apapun, namun dengan mengkerucutkan warna apa saja yang digunakan, khususnya bagi pernikahan yang tidak mengadakan prosesi macam-macam, dapat dipilih sebagai tema yang paling sederhana.

Tema dongeng: Tema yang berdasarkan dongeng atau cerita anak tertentu adalah salah satu tema pernikahan yang menjadi tema paling favorit di antara para pengantin. Keinginan untuk berjalan di sepanjang altar bagaikan seorang putri, selain ada di pernikahan kerajaan, terdapat pula di dalam cerita dongeng. Tentunya sah sah saja, pengantin mengambil tema ini, namun dibutuhkan kreatifitas tingkat tinggi untuk menjadikan pernikahannya tidak monoton dan dapat lebih berkesan.

Tema sesuai tempat: di mana tempat yang paling Anda inginkan untuk melangsungkan pernikahan dapat dijadikan acuan untuk menentukan konsep yang sesuai. Berbagai tema yang bisa dikembangkan antara lain pesta pantai (atau yang berbau laut atau tempat yang terkenal dengan pantainya), pesta outdoor, pesta kebun, pesta seni (di galeri/ museum) atau pesta private di chapel atau private villa.

Tema zaman tertentu: tertarik dengan gaya kerajaaan di zaman Victoria? Atau suka dengan penampilan orang-orang di tahun 1920-an? Jadikan suasana pada zaman tersebut sebagai tema pernikahan Anda kelak. Budaya yang berkembang pada zaman tersebut, seperti zaman di mana rock and roll sedang mendunia atau para remaja sedang menggandrungi penampilan hippies, juga dapat dijadikan tema pernikahan.

Tema hari peringatan: Suasana tertentu di hari natal atau hari perayaan valentine memiliki atmosfer yang kuat di hati orang-orang yang merayakannya. Jadikan hari-hari peringatan ini sebagai tema pernikahan.

Tema keindahan hewan: masing-masing orang biasanya memiliki kegemarannya pada jenis hewan tertentu, dan biasanya hewan-hewan tersebut memiliki keindahan ragawi yang tidak dapat dipungkiri siapa saja. Sebut saja, kupu-kupu, angsa, lumba-lumba, kerang laut, dan masih banyak lainnya.

Tema flora: tema flora yang paling banyak dipilih adalah yang berhubungan dengan bunga. Keindahan dan semerbak hrum bunga tertentu akan meninggalkan kesan tertentu di hati para tamu undangan. Selain dapat dipadukan dengan warna-warni khas bunga tersebut, pemilihan bunga untuk dekorasi sudah dapat disesuaikan dengan tema yang dipilih.

Tema berdasarkan film: Akhir-akhir ini film banyak dijadikan sebagai tema favorit untuk tema pernikahan. Selain dalam film tersebut menceritakan tentang pernikahan salah satu tokohnya, film juga dapat menjadi inspirasi karena kisah cinta tokoh utamanya, suasana yang digambarkan hingga dekorasi tertentu yang terlihat sekilas.

Source:  Weddingku

Leave a Reply